10 Tanda-Tanda Kehamilan Awal Terpenting

Diposting oleh nur on Senin, 01 Agustus 2016

Batik Murah
Tanda-tanda kehamilan sangat penting diperhatikan bagi setiap pasangan yang ingin cepat punya anak.  Sebagian besar pasangan muda menganggap ketika sang isteri terlambat datang bulan dianggap sebagai tanda awal kehamilan. Ini tidak terlalu salah. Kendati demikian, seringkali wanita mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur. Banyak faktor yang mengakibatkan masa haid  tidak sesuai dengan prediksi. Faktor penyebab ketidakteraturan menstruasi ini umumnya dipengaruhi faktor lingkungan, hormon, kondisi fisik maupun psikis.
Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pasangan perlu mengetahui tanda-tanda kehamilan lebih awal. Dengan demikian, persiapan sebagai calon ibu dan calon bapak akan lebih siap, baik dari segi kesehatan fisik maupun mental. Hal ini penting karena kebutuhan nutrisi selama kehamilan perlu menjadi perhatian demi pertumbuhan si buah hati dalam kandungan. Seorang ibu yang sedang hamil tentunya harus menghindari pantangan selama proses kehamilan untuk menghindari bahaya yang mengancam pertumbuhan janin, seperti pemakaian obat-obatan, makanan, dan minuman yang dapat merusak janin.
Tanda-Tanda Kehamilan  Awal
 Biasanya, tanda kehamilan dapat dilihat dari ciri-ciri yang terjadi pada diri wanita hamil. Pada awal kehamilan minggu pertama, mungkin agak sulit mengetahui tanda-tanda orang hamil muda. Periksa ke dokter maupun melakukan tes kehamilan belum begitu penting untuk mengetahui kahamilan pada tahap ini. Kendati demikian, dari sisi medis, minggu pertama kehamilan ini dapat dihitung berdasarkan hari terakhir menstruasi. Sementara itu, dari sisi nonmedis, masyarakat biasanya menggunakan tanda mual, muntah, dan kurang nafsu makan sebagai tanda kehamilan.
Tanda-tanda kehamilan awal yang terpenting akan kami paparkan seperti tertera di bawah ini.
1.       Mual dan Muntah
Meningkatnya hormon estrogen pada wanita dapat menyebabkan peningkatan asam lambung. Akibatnya, perut terasa muntal dan seringkali disertai muntah. Disamping itu, perubahan metabolisme pada liver di saat kehamilan awal juga dapat memicu rasa mual dan muntah. Lazimnya, rasa mual akan berkurang seiring bertambahnya usia kehamilan. Kendati demikian, rasa mual dan muntah itu, pada beberapa wanita akan terus berlanjut hingga saat melahirkan. Kasus semacam ini merupakan hal yang wajar bagi sebagian besar wanita yang sedang hamil.
 2.       Kurang Nafsu Makan
Ciri awal kehamilan biasanya ditandai dengan berkurangnya nafsu makan. Hal ini disebabkan oleh adanya hormon HCG yang dihasilkan oleh plasenta mulai meningkat. Cara terbaik agar nafsu makan tetap tinggi adalah dengan menghindari makanan yang tidak disukai maupun yang dapat menjadi pemicu perut mual.
 3.       Kram pada Perut
Gejala umum pada wanita saat awal kehamilan adalah kram perut akibat terhentinya produksi hormon progesteron dari corpus luteal karena munculnya plasenta. Otot rahim yang meregang juga dapat menjadi penyebab kram pada perut wanita hamil. Anda tidak perlu khawatir karena hal ini tidak akan berlangsung terus-menerus. Walau demikian, jika terjadi kram perut yang berlebihan dan disertai pendarahan, maka periksa ke dokter kandungan adalah jalan terbaik.
 4.       Perubahan pada Payudara
Payudara orang yang sedang hamil akan lebih sensitif terhadap sentuhan atau terkena gesekan baju akan terasa kurang enak. Ukurannya pun akan tampak lebih besar dan bila diraba terasa lelbih lembut. Terkadang di sekitar payudara akan terasa gatal disertau puting susu yang lebih menonjol karena adanya perubahan hormon dalam tubuh wanita hamil.
 5.       Perubahan pada Organ Kewanitaan
Organ kewanitaan akan tampak pada bibir organ intim yang berubah gelap dan agak pucat yang pada kondisi sebelumnya berwarna merah muda. Seringkali ditandai pula dengan keluarnya cairan dari organ kewanitaan mirip keputihan yang dihasilkan oleh adanya pembuahan.
 6.       Mudah Lelah
Wanita hamil lebih gampang lelah akibat meningkatnya pasokan darah menuju janin. Ini menyebabkan sang ibu harus berbagi nutrisi dengan si jabang bayi dalam rahim.  Itulah sebabnya wanita hamil harus memperbanyak asupan makanan bernutrisi untuk pertumbuhan janin maupun ibu sendiri.
 7.       Sensitif terhadap Bau yang Menyengat
Sensitif terhadap bau juga dapat dijadikan sebagai tanda-tanda awal kehamilan sebelum terjadinya terlambat haid. Bau-bauan yang menyengat dapat menjadi peletup emosi pada wanita hamil sekalipun sebelumnya bau itu disukai. Bau makanan tertentu terkadang menimbulkan rasa tidak suka pada wanita yang berakibat munculnya rasa mual bahkan disertai muntah. Hal ini membutuhkan kesabaran dan pengertian dari orang-orang disekitarnya, terutama sang suami agar si calon ibu terasa nyaman dan merasa diperhatikan.
 8.       Muncul Bercak Darah
Bercak darah ringan seringkali menandai wanita pada awal kehamilan minggu pertama sebelum terjadinya haid. Penyebabnya adalah adanya proses implantasi sel ovum yang telah terbuahi oleh sperma dan menempel pada dinding rahim. Tanda darang ini biasanya menempel pada celana dalam berwarna merah muda atau coklat. Hal ini tidak perlu dikhawatirkan karena merupakan sesuati yang normal. Kendati demikian, jika bercak darah itu berlebihan, pergi ke dokter kandungan atau bidan adalah tindakan yang tepat.
 9.       Sering Buah Air Kecil
Buah air kecil akan meningkat pada diri wanita sebagai pertanda awal kehamilan karena tubuh sedang beradaptasi dengan kehadiran janin dalam rahim. Penyebabnya, volume plasma darah meningkat dan ginjal bekerja lebih keras sehingga intensitas buah air kecil pun meningkat. Hadirnya janin juga berakibat mendesak kandung kemih sehingga menyebabnya keinginan buah air kecil meningkat.
 10.   Sering Gelisah dan Mudah Stres
Tanda awal kehamilan biasanya disertai kekhawatiran yang tinggi, gelisah, dan mudah stres. Jika ini terjadi, pasangan harus memberi perhatian lebih agar tidak terjadi depresi. Wanita pada saat kehamilan awal butuh perhatian yang lebih besar agar janin yang dikandungnya tidak mengalami gangguan pertumbuhan.

Itulah 10 tanda-tanda kehamilan awal yang perlu mendapat perhatian bagi calon ibu dan calon bapak tentunya. Mengetahui lebih dini tanda-tanda di atas akan memperkecil risiko keguguran dan dampak buruk yang mungkin muncul pada diri calon ibu maupun janin yang dikandungnya. Semoga tulisan ini dapat memberi tambahan pengetahuan bagi wanita yang ingin segera punya anak. Temukan artikel-artikel menarik lainnya di situs tips kecantikan dan kesehatan ini. Semoga bermanfaat.
Ditulis oleh: Juvida Elena Tips Kecantikan Updated at : 20.41

{ 1 komentar... read them below or add one }

tips kesehatan wanita mengatakan...

nice post sis!

Posting Komentar