Manfaat Buah Pinang: Ramuan Herbal Alami

Diposkan oleh Juvida Ellena on Jumat, 30 November 2012

Batik Murah
Manfaat buah pinang bagi kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Buah pinang sudah dikenal oleh nenek moyang bangsa indonesia, terutama para wanita. Kegiatan nginang, yakni mengunyah ramuan buah pinang, kapur, dan gambir para wanita jawa zaman dulu membuktikan hal itu. Dalam tips kecantikan kali ini akan kami kupas bermacam-macam khasiat buah pinang.

Kebiasaan mengunyah buah pinang ini dapat memperkuat gigi. Manfaat kulit dan buah pinang memiliki kandungan zat yang mampu menghindari gigi goyang. Apalagi dipadukan dengan daun sirih. Wajar saja, wanita zaman dulu yang memiliki tradisi nginang punya gigi yang kuat tidak mudah goyah.
Buah Pinang untuk Kesehatan Alami
Manfaat buah pinang bagi wanita tidak hanya itu. Air rebusan buah pinang memiliki khasiat untuk mengatasi haid yang berkepanjangan. Sedangkan gangguan kesehatan seperti mencret dan disentri juga dapat disembuhkan dengan buah pinang. Khasiat buah pinang yang mampu mengatasi bermacam-macam penyakit telah disadari para ahli ramuan herbal. Kini juga sudah ada yang memproduksinya dalam bentuk sabun herbal, bahan kosmetik untuk perawatan kecantikan, dan lain-lain.

Buah pinang muda yang direndam, airnya dapat digunakan sebagai obat sakit mata. Manfaat buah pinang lainnya, dapat mengatasi batuk berdahak, malaria, terlambat datang bulan, penyakit keputihan, luka, diare. Saat ini telah banyak yang memanfaatkan buah pinang sebagai ramuan herbal alami. Sekalipun merupakan obat herbal, kemasannya pun sudah dibuat layaknya obat-obatan modern dalam bentuk kapsul maupun pil.

Kandungan zat yang ada dalam buah pinang.
Buah pinang mengandung arekaina dan arekolina. Zat ini dapat merangsang sistem syaraf karena bersifat adiktif. Beberapa macam buah pinang dapat menimbulkan rasa pening apabila dikunya. Zat lain yang dikandung buah ini di antaranya isoguvaline, coline, arecaidine, arecolidine, guracine, dan guvacoline.

Berdasarkan penelitian, para ahli menemukan kandungan senyawa alkolid aktif yang disebut arekolit. Zat ini apabila digunakan berlebihan justru  tidak baik bahkan berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu, penggunaannya harus dengan takaran wajar dan tidak berlebihan. Apapun jika secara berlebihan tentu tidak baik. Ya, kan? Ya, toh?

Melihat manfaat buah pinang yang begitu besar, para pengusaha jamu tradisional terinspirasi dengan membuat obat herbal dari buah pinang. Semoga ulasan tips kesehatan dan tips kecantikan ini dapat memberi manfaat untuk menjaga pola hidup sehat.