Manfaat Temulawak

Diposkan oleh Juvida Ellena on Senin, 30 Juli 2012

Batik Murah
Temulawak merupakan tanaman jamu yang mempunyai khasiat luar biasa untuk kesehatan tubuh kita. Manfaat temulawak bisa kita rasakan jika kita mengkonsumsinya secara teratur. Temulawak bisa kita temui di dataran rendah, dan tanaman ini mudah hidup pada tanah subur dan gembur.
Temulawak Kaya Manfaat
Khasiat temulawak sudah terpercaya untuk mengobati berbagai penyakit yang menyerang tubuh kita. Di antaranya bisa mengobati penyakit liver, penyakit ini bisa disembuhkan dengan cara mengkonsumsi minuman yang bebahan utama temulawak. Cara membuatnya mudah, sediakan 25 gram temulawak serta 30 gram daun serut/mirten. Kemudian campur dengan air sekitar 600 cc, lalu recus hingga air yang tersisa tinggal 300 cc. setelah itu saring airnya dan minum dalam keadaan hangat.

Manfaat temulawak juga bisa mengobati penyakit radang kandung empedu, caranya juga mudah untuk kita lakukan. Ambil temulawak sekitar 30 gram, iris kecil-kecil, lalu masukkan ke dalam air sebanyak 500cc air dan rebus hingga air yang tersisa tinggal 200 cc. Saring dan minum air rebusan temulawak tersebut secara teratur.

Jika anda mempunyai penyakit pegal linu, radang sendi dan rematik bisa juga di obati denagn mengkonsumsi temulawak ini. Caranya, sediakan 20gram temulawak dan 20gram jahe merah. Masukkan temulawak dan jahe merah tersebut ke dalam 400cc air dan rebus agak lama hingga air yang tersisa tingal 200cc. minum air rebusan tersebut selagi masih hangat.

Selain itu, temulawak berkhsiat untuk mengobati penyakit batu empedu dan mengobati penyakit batuk hingga radang saluran pernafasan. Selain temulawak dijadika sebagi ramuan jamu, temulawak bisa juga kita jadikan jus temulawak. Selain menyehatkan, jus temulawak ini segar untuk dikonsumsi. Cara membuat jus temulawak sangat mudah, sediakan temulawak sebanyak 50gram, asam kawak (tanpa biji) sebanyak 20 gram, kencur 25 gram, jinten 10gram, air matang 100 ml, gula aren 100 gram, daun pandan 2 lembar, air satu liter.

Cara membuatnya yaitu, bersihkan temulawak beserta kencur kemudian iris tipis dan sangrai sebentar. Setelah itu, campur temulawak, asam kawak, kencur, jinten dan 100 ml air matang, haluskan dengan menggunakan blender. Setelah blender selesai dilakukan, masukkan air kedalam panci sedang, didihkan air tersebut dengan gula aren dan daun pandan hingga gula larut. Aduk hingga rata campuran temulawak dengan rebusan air gula lalu saring. Jus temulawak siap dinikmati, dan rasakan khasiatnya.

Itulah tips sehat tentang manfaat temulawak dan cara membuat jus temulawak yang bisa saya infokan untuk anda. Semoga bermanfaat. Untuk anda yang membutuhkan tips cantik, silakan baca artikel lainnya di blog ini.