Penyakit Hernia :: Penyebab dan Cara Mencegah Hernia

Diposkan oleh Juvida Ellena on Kamis, 14 Juni 2012

Batik Murah
Mendapatkan kesehatan lahir batin bukanlah hal mudah. Banyak penyakit disekitar kita yang siap menyerang tubuh. Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh sangat penting agar terhindar dari penyakit berbahaya yang masuk kedalam tubuh. Salah satunya penyakit hernia. Masyarakat mengenal penyakit hernia dengan sebutan turun berok yang berakibat bahaya bagi penderita.

Hernia adalah menurunnya buah zakar karena melemahnya lapisan otot pada dinding perut. Kata hernia berasal dari bahasa latin yaitu “Herniae” yang artinya tonjolan. Penyakit hernia pada umumnya terjadi pada laki-laki, sering juga terjadi pada anak-anak. Namun juga bisa terjadi pada wanita lanjut usia.

Berdasarkan penyebabnya, hernia dibedakan menjadi hernia bawaan dan hernia dapatan. Menurut letaknya hernia memiliki beberapa jenis yaitu hernia hiatal, inguinalis, femoralis, umbilicalis, femoral, hernia nukleus pulposus atau HNP, ventralis dan masih banyak lagi.

Hernia Inguinalis merupakan jenis hernia yang sering terjadi. Ini berupa tonjolan di selangkangan atau paha. Tonjolan akan terasa nyeri dan sangat mengganggu penderita. Jika anda merasakan ciri-ciri ini, kemungkinan hernia inguinalis sedang anda derita.

Keluhan penderita biasanya ada benjolan di daerah paha dan perut. Benjolan ini dikarenakan lemahnya anatomis otot dinding perut. Akan terasa sakit saat ada dorongan peningkatan tekanan dalam rongga perut seperti sedang batuk, buang angin, membungkuk, berdiri, buang air dan saat mengangkat beban berat.

Penyebab hernia sendiri dikarenakan pekerjaan yang sangat menguras tenaga misalnya para pekerja keras. Melemahnya otot dinding perut yang harus menerima beban berat yang melebihi kapasitas. Juga disebabkan bertambanya usia yang membuat dinding perut melemah.

Untuk mencegah penyakit hernia kita harus mengetahui faktor yang menyebabkan hernia itu sendiri. Hernia bisa muncul bila otot dinding perut tipis mendapatkan tekanan berlebihan. Satu-satunya jalan mencegah hernia adalah dengan cara di operasi. Bila penderita tidak mau dioperasi, bisa menggunakan alat bantu penopang namun ini hanya bersifat sementara. Kemungkinan hernia akan terus memburuk dan akirnya akan butuh dioperasi. Bila kondisi hernia sudah memburuk, akan mempersulit proses operasi. Jadi operasi untuk pengangkatan hernia harus dilakukan sejak dini agar tidak semakin memperburuk keadaan penderita.

Namun bisa saja penderita masih mengeluh sakit setelah di operasi. Akibat pengangkatan hernia, akan menyisakan nyeri pada perut. Namun ini tidak akan berlangsung lama karena hernia sudah terangkat.

Cara lain untuk mencegah penyakit hernia secara alami antaralain hindari mengangkat beban berat, anda harus menguruskan badan bagi yang memiliki berat badan berlebihan, jangan menunda waktu bila ingin buang air kecil, olahraga teratur, dan berhentilah kebiasaan merokok.

Hidup sehat atau cantik alami sekalipun bisa kita dapat dengan mudah asal kita mau berusaha untuk selalu menjaga kesehatan, seperti olahraga teratur, pola makan yang sehat dan tepat waktu dan menjaga kebersihan lingkungan. Semoga penjelasan tentang penyakit hernia ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca.