Manfaat Keju

Diposkan oleh Juvida Ellena on Selasa, 19 Juni 2012

Batik Murah
Keju
Manfaat keju untuk tubuh kita sangat beragam jenisnya, lebih-lebih untuk kesehatan. Keju memiliki gaya dan rasa yang berbeda-beda, tergantung dari susu yang digunakan waktu proses pembuatannya. Keju merupakan makanan yang dihasilkan dari pemisahan zat-zat padat yang terdapat dalam susu melalui proses pengentalan. Makanan ini sangat disukai oleh masyarakat luas, terutama untuk anak-anak.

Kandungan gizi yang ada pada keju sangat banyak, keju mempunyai kandungan yang penuh dengan nutrisi. Elemen yang terdapat pada keju sama dengan elemen yang ada pada susu, yaitu protein, lemak, kalsium dan vitamin. Satu pon keju memiliki protein dan lemak yang sama jumlahnya dengan satu galon susu. Keju dengan tingkat kelembaban yang tinggi memiliki konsentrasi nutrisi yang lebih rendah dibandingkan dengan keju yang tingkat kelembabannya rendah.

Keju sangat enak untuk dikonsumsi, baik secara langsung maupun diolah dan dicampur dengan makanan lainnya. Keju juga bisa diolah menjadi serbuk sebagai perasa makanan. Berdasarkan jenis susu yang dipakai untuk membuat keju seperti halnya mengguanakan susu kambing, susu domda/biri-biri, susu cmapuran dan susu mentah.

Khsiat keju sangat baik untuk menjaga fungsi saraf dan pematangan sel-sel darah. dengan mengkonsumsi keju kesehatan saraf dan kulit akan terjaga. Selain itu, dengan kandungan fosfor yang terdapat pada keju bermanfaat untuk pembentukan tulang dan gigi serta saat memproduksi energi dan hal ini sangat bagus untuk bayi yang masih berumur dua tahun.

Manfaat keju selain yang disebutkan tadi yaitu berfungsi untuk meningkatkan penglihatan, dengan kandungan kalsiumnya keju sangat baik untuk proses pembekuan darah saat luka, menjaga fungsi syaraf, irama jantung, dan otot. Membantu membangun jaringan otot metabolisme sel-sel, dan tulang, menjaga kesehatan membran mukosa. Kandungan seleniumnya berfungsi sebagai antioksi dan kandungan trytophan berguna untuk meredakan stres dan membuat kita bisa tidur lebih nyenyak.

Meskipun keju mempunyai khasiat yang banyak untuk kesehatan kita, bagi orang-orang tertentu keju merupakan makanan yang harus dihindari karena suatu hal yang berlawanan dengan kesehatan tubuhnya. Hal tersebut dikarenakan kandungan kasein dalam keju dapat memperburuk kondisi para penderita autis. Sedangkan laktosa pada keju muda atau keju cheedar berbahaya bagi penderita intolerasi laktosa. Tingkat kewaspadaan juga harus ditingkatkan pada raw cheese atau keju yang diproses secara minimal. Mengapa? Keju jenis ini mengandung bakteri yang mampu meningkatkan risiko terjadinya berbagai infeksi, seperti listeriosis dengan gejala mual dan kram perut.

Perhatian tersebut bukan penghalang untuk anda sebagai pecinta keju. Yang perlu dilakukan dalam mengkonsumsi keju agar terhindar dari hal-hal yang tidak dinginkan yaitu membiasakan diri memilih keju yang terbuat dari susu kambing atau biri-biri. Karena keju jenis ini mengandung conjugated linoleic acid (CLA) yang akan membantu kita mengurangi peradangan dan penumpukan plak pada pembuluh darah. dan hindari mengonsumsi keju yang rasanya terlalu asin hal tersebut dikarenakan agar jantung dan tekanan darah kita tetap terjaga.

Itulah tips cantik tentang manfaat keju untuk kesehatan tubuh kita. Kenalilah sesuatu bukan karena bentuk dan harganya, manfaat dan khasiat itu sangat penting untuk kita perhatikan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.