Makanan Yang Baik Menurut Islam

Diposkan oleh Juvida Ellena on Sabtu, 30 Juni 2012

Batik Murah
Makanan yang baik menurut Islam tentu yang dihalalkan oleh Allah SWT. Bagi umat Islam, mengkonsumsi makanan yang baik merupakan manifestasi dari ketaatan dan ketakwaannya kepada Allah. Bukan hanya halal makanannya tapi juga didapat dari rezeki dan cara yang halal. Perintah Allah swt kepada manusia sebagaimana yang tercantum dalam al-Qur’an, “Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari yang Allah telah rezekikan kepadamu, bertakwalah kepada Allah dan kamu beriman kepada-Nya.” (Qs. Al-Maidah:88).
Makanan yang Halal adalah Makanan yang Baik
Mengkonsumsi makanan yang halal dan baik merupakan perintah dari Allah swt yang harus dilaksanakan oleh setiap manusia yang beriman. Bahkan perintah ini disejajarkan dengan bertakwa kepada Allah. Perintah ini juga ditegaskan dalam ayat lain. “ Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan, karena sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagimu.” (Qs. Al-Baqarah [2]:168).

Memakan makanan yang halal dan baik akan berlawanan dengan keinginan setan yang menghendaki agar manusia terjerumus kepada yang haram. Oleh karena itu, menghindari makanan yang haram merupakan sebuah upaya mengalahkan godaan setan. Mengkonsumsi makanan yang baik dan halal dengan dilandasi iman dan takwa karena semata-mata mengikuti perintah Allah swt merupakan ibadah yang mendatangkan pahala dan memberikan kebaikan dunia akhirat. Begitu pula sebaliknya, memakan makanan haram yang menyimpang dengan ketentuan Allah swt, adalah perbuatan maksiat yang mendatangkan dosa dan keburukan.

Pada dasarnya makanan menjadi haram disebabkan dua hal. Pertama diharamkan karena dzatnya, seperti darah, babi, bangkai, dan lain-lain. Sebagaimana dijelaskan dalam al-Qur’an, “Diharamkan bagimu memakan bangkai, darah, daging babi (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan diharamkan juga mengundi nasib dengan anak panah, adalah kefasikan. Pada hari ini, orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu. Sebab itu, janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Ku-sempurnakan untukmu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barangsiapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Maidah:3).

Allah swt mengharamkan beberapa jenis makanan demi kebaikan setiap hambanya. Salah satu contohnya adalah Allah mengharamkan minuman beralkohol karena dapat membahayakan akal dan kesehatan. Dengan mengkonsumsi makanan yang baik dan halal keinginan untuk memiliki tubuh sehat dan wajah cantik alami akan mudah didapat. Semoga bermanfaat.