Manfaat Sawi

Diposkan oleh Juvida Ellena on Senin, 14 Mei 2012

Batik Murah
Sayur Sawi
Sawi merupakan tanaman sayur yang sudah tidak asing lagi buat kita semua. Manfaat sawi bisa kita rasakan jika kita mengkonsumsinya. Sayur ini bisa kita olah menjadi masakan yang sangat istimewa untuk dihidangkan. Tanaman sayur yang termasuk dalam tumbuhan marga brassica ini memiliki dua jenis yang bisa kita ketahui. Seperti halnya, sawi hijau dan sawi putih yang biasa kita manfaatkan.

Sawi hijau yaitu sawi yang mudah tumbuh di dataran rendah maupun didataran tinggi. Semua bagian dari sawi bisa kita manfaatkan kecuali akarnya. Jika sawi hijau ini ditanam pada suhu dingin maka sayuran ini cepat tumbuh dan cepat berbunga. Masakan sawi hijau banyak disukai oleh masyarakat bukan karena enak dikonsumsi tapi kaya akan manfaat. Khasiat sawi hijau untuk kesehatan sangat banyak dan bisa kita dapatkan dengan mudah. Sawi hijau bisa kita konsumsi secara langsung seperti dibuat lalapan, bisa juga dibuat tumis dan sebagai pelengkap makanan lainnya.

Sawi putih yaitu sawi yang memiliki warna daun yang cenderung kuning pucat dan tangkai daunnya putih. Sawi putih hanya tumbuh baik pada tempat-tempat sejuk, sehingga di Indonesia ditanam di dataran tinggi. Tanaman ini dipanen selagi masih pada tahap vegetatif (belum berbunga). Bagian yang dipanen adalah keseluruhan bagian tubuh yang berada di permukaan tanah. Produksinya tidak terlalu tinggi di Indonesia.

Manfaat sawi untuk kesehatan yang bisa kita ketahui yaitu untuk menurunkan kolestrol. Kandungan vitamin C, vitamin E-nya dan betakarogen sangat baik untuk mencegah kolestrol dan penyakit jantung. Oksidasi kolestrol LDL bisa dicegah dengan ketiga kandungan tersebut. Keunggulan pada sayuran sawi adalah memiliki serat pangan yang begitu bermanfat untuk kesehatn tubuh.

Serat pangan yang terkandung dalam sawi berfungsi untuk menurunkan kolestrol dan gula darah dalam tubuh. Di dalam saluran pencernaan, serat pada sawi akan mengikat asam empedu (produk akhir kolesterol) dan kemudian dikeluarkan bersama tinja. Semakin tinggi anda mengkonsumsi serat sawi, akan semakin banyak asam empedu dan lemak yang dikeluarkan oleh tubuh untuk mengurangi kolestrol. Serat pada sawi juga sangat berguna mencegah diabetes melitus dan terjadinya kanker kolon.

Bagi penderita ginjal kurangi dalam mengkonsumsi sawi terlalu banyak, karena dalam sawi terdapat kandungan oksalat yang berbahaya untuk penderita penyakit ginjal. Oksalat dapat menghambat penyerapan kalsium di dalam tubuh dan bisa menimbulkan pembentukan batu. Vitamin C yang tinggi pada sawi juga akan mendorong terbentuknya oksalat di dalam tubuh. Hindari mengkonsumsi sawi secara berlebihan jika anda termasuk penderita ginjal.

Selain untuk menurunkan kolestrol, sawi juga berfungsi untuk mengatasi osteoporosis. Sawi banyak mengandung vitamin dan mineral. Vitamin K juga banyak terkandung dalam sayur sawi ini dan berfungsi membantu proses pembekuan darah, sehingga sering disebut sebagai vitamin koagulasi. Vitamin K juga terkait dengan pengaturan protein tulang dan kalsium di dalam tulang dan darah, sehingga dapat menjaga tulang dari proses osteoporosis. Tanpa peran vitamin K, osteokalsin sebagai protein tulang tidak dapat bekerja dengan normal.

Manfaat Sawi juga dikenal sebagai penangkal kanker, mencegah anemia pada ibu hamil. Sangat banyak khasiat yang terkandung dalam sayuran sawi ini untuk kesehatan tubuh kita. Selain murah harganya juga murah khasiatnya, jangan meremehkan sesuatu karena harganya mahal, yang mahal belum tentu berkhasiat. Itulah sekedar info tips sehat buat anda, Mulai dari sekarang untuk mengkonsumsi sayuran hijau seperti halnya sawi yang kaya akan manfaat ini. Semoga info ini memberikan manfaat untuk anda terutama kesehatan anda.