Manfaat kacang tanah

Diposkan oleh Juvida Ellena on Rabu, 30 Mei 2012

Batik Murah
Kacang Tanah
Manfaat kacang tanah untuk kesehatan sangat banyak ragamnya. Kacang tanah merupakan sejenis tanaman tropika. Tanaman ini berjenis polong-polongan atau legum dari family fabaceae, kedua terpenting setelah kedelai di Indonesia. Banyak sekali jenis kacang yang bisa kita ketahui selain kacang tanah, seperti halnya kacang una, kacang kole, kacang jebrol, kacang tuban, kacang bandung, kacang banggala dan suuk.  

Kacang tanah bisa tumbuh pada tanah yang subur dan gembur, tanaman ini jika kekurangan air akan terganggu dan menyebabkan tanaman kurus, layu, kerdil, dan ahirnya mati. Air yang berlebihan pada tanaman ini juga tidak baik untuk pertumbuhan karena bisa menyebabkan kematian. tumbuhan ini juga membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk memicu kesuburan daun dan perkembangan besarnya kacang yang akan dihasilkan.

Kandungan kacang tanah banyak yang bisa kita ketahui. Tanaman ini banyak mengandung protein dan bisa melebihi kandungan protein dalam daging, telur dan kacang soya. Selain itu, kacang tanah yang kerap dikenal dengan kacang kulit ini juga banyak mengandung lemak, zat bezi, Vitamin E, kalsium, Vitamin A dan K, Vitamin B komplek dan fosforus, lesitin, kolin. Manfaat kacang tanah bisa kita rasakan dengan cara mengkonsumsinya sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan. Kacang kulit ini juga mengandung bahan yang dapat membina ketahanan tubuh dalam mencegah beberapa penyakit yang akan menyerang pada tubuh kita.

Khasiat kacang tanah untuk kesehatan sangat banyak yang bisa saya infokan untuk anda. Jika anda mengkonsumsi kacang tanah satu ons lima kali seminggu dilaporkan bisa mencegah terjadinya penyakit jantung. Fungsi kacang tanah untuk kesehatan jantung bekerja untuk meningkatkan kemampuan pompa jantung dan bisa menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung koroner. Jika anda memiliki penyakit kencing manis biasakanlah mengkonsumsi segenggam kacang tanah, karena hal itu bisa mengurangi zat yang menyebabkan terjadinya kencing manis yang akan menyerang tubuh kita.

Nutrisi kacang tanah bisa kita dapatkan dengan berbagai macam cara. Kacang tanah bisa kita konsumsi secara langsung, bisa juga direbus, di goreng, di sangrai dan bisa juga dijadikan bahan campuran dalam pembuatan kue. Kacang tanah mengandung Omega 3 yang merupakan lemak tak jenuh ganda dan Omega 9 yang merupakan lemak tak jenuh tunggal. Selain itu, tanaman ini juga mengandung fitosterol yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolestrol dan level triglisireda dengan cara menahan penyerapan kolestrol dari makanan yang disirkulasikan dalam darah dan mengurangi penyerapan kembali kolestrol dari hati dan HDL akan tetap terjaga.

Kacang tanah juga mempunyai kandungan arginin yang berfungsi merangsang tubuh untuk memproduksi nitrogen monoksida yang bekerja sebagai pelawan bakteri tuberkulosis. Manfaat kacang tanah untuk kecantikan bisa menghilangkan keputihan dan insomnia.

Selain untuk mencegah datangnya penyakit pada tubuh, dan berkhasiat untuk kecantikan. Kacang tanah juga bisa dimanfaatkan untuk makanan ternak, biji kacang tanah juga dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuatan minyak. Selain bijinya, daun beserta batangnya juga bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak dan juga bisa digunakan sebagai pupuk hijau.

Perhatian untuk anda yang memiliki penyakit jenis kanker payudara, mempunyai masalah jerawat atau acne. hindari mengkonsumsi kacang tanah. Itulah tips sehat tentang manfaat kacang tanah yang bisa saya infokan untuk anda, semoga bermanfaat.