Alang-Alang :: Manfaat Akar Alang-Alang

Diposkan oleh Juvida Ellena on Kamis, 10 Mei 2012

Batik Murah
Alang-Alang | Manfaat Akar Alang-Alang. Manfaat akar alang-alang belum banyak yang menyadarinya. Manfaat alang-alang sebagai salah satu tumbuhan berkhasiat obat masih belum begitu populer. Bukan karena manfaatnya yang kurang, akan tetapi lebih dikarenakan ketidaktahuan dan tumbuhan ini sering dianggap sebagai tumbuhan perusak saja (gulma). Di Jawa, tanaman ini tumbuh pada ketinggian sampai dengan 2700m dpl, pada daerah-daerah terbuka atau setengah tertutup, rawa-rawa, pada tanah dengan aerasi yang baik, pada daerah-daerah yang habis dibuka, di tepi sungai, ekstensif pada hutan sekunder, daerah bekas terbakar, sebagai gulma di perladangan, taman dan perkebunan.

Alang-alang dapat berkembang biak dengan sendirinya dan mempengaruhi tanaman kultivasi lain. Alang-alang dapat menyebabkan penurunan Ph tanah. Besarnya penurunan Ph dan hambatan terhadap proses nitrifikasi menunjukkan adanya kolerasi positif dengan pertumbuhan alang-alang.

Pada bagian tumbuhan alang-alang kandungan kimia yang terdapat didalamnya sangat beragam. Akar alang-alang memiliki kandungan kimia arundoin, fernenol, isoarborinol, silindrin, simiarenol dan banyak lagi yang lainnya. Dari hasil penelitian lain terhadap akar dan daun ditemukan lima macam turunan flavonoid yaitu turunan 3’,4’,7’-trihidroksin flavon, 2’,3’-dihidroksi kalkon dan 6-hidroksi flavanol.

Alang-alang dapat digunakan sebagai obat tradisional dan sangat alami. Pada bagian akar alang-alang ini banyak digunakan sebagai obat peluruh air seni, penghenti pendarahan, penambah nafsu makan. Selai untuk mengobati jenis penyakit tersebut, rimpang juga berkasiat untuk kecantikan yang kita miliki yaitu sebagai pelembut kulit secara alami dan sebagai pembersih darah. Disamping itu dapat digunakan pula dalam upaya pengobatan penyakit kelamin (kencing nanah, kencing darah, raja singa), penyakit ginjal, luka, demam, tekanan darah tinggi dan penyakit syaraf, serta mengobati kurap. Selain digunakan sebagai pakan hewan, pada semua bagian yang ada pada alang-alang ini juga bisa digunakan sebagai bahan utama untuk pembuatan kertas.

Selain mempunyai manfaat untuk kesehatan dan sebagai tanaman obat, alang-alang juga mempunyai Efek biologi dan farmakologi infusa yang bisa anda ketahui akar alang-alang berefek sebagai diuretika, atas dasar peningkatan konsentrasi elektrolit (Na,K,CI) urin tikus putih jantan. Pemberian infusa akar alang-alang denagn dosis 40, 50, 60, 70 g/kgBB berefek antipiretik pada marmot. Infusa bunga alang-alang pada konsentrasi 10% dengan dosis 12ml/kg BB berefek antipiretik yang berefek antipiretik yang relatif sama dengan suspensi parasetamol 10% pada merpati.

Menurut uji klinik, akar alang-alang dengan dosis 250-300 g, 2 kali pagi dan sore dapat menyembuhkan 27 kasus dari 30 penderita nefritis akut. Pada nefritis kronis, herba alang-alang dapat mengurangi edema dan menurunkan tekanan darah.

Itulah sekedar tips sehat tentang manfaat akar alang-alang. Tumbuhan alang-alang yang tumbuh di sekitar kita, sering tidak kita sadari manfaatnya.