Hemoglobin :: Pemeriksaan Hemoglobin

Diposkan oleh Juvida Ellena on Sabtu, 28 April 2012

Batik Murah

Pemeriksaan hemoglobin diperlukan untuk mengetahui kondisi darah kita. Hemoglobin adalah molekul protein pada sel darah merah berbentuk bulat yang membawa oksigen dari paru-paru pada jaringan tubuh kemudian membawa karbondioksida dari jaringan tubuh pada paru-paru. Hemoglobin terdiri dari empat molekul protein yang saling berhubungan. Kandungan zat besi atau senyawa protein dalam hemoglobin dapat membuat darah berwarna merah.

Fungsi hemoglobin yaitu mengikat dan membawa O2 dari paru-paru kemudian disebarkan ke seluruh sel pada semua jaringan tubuh. 1 unit hemoglobin dapat membawa 1 molekul O2. Secara efektif setiap molekul hemoglobin dapat membawa 4 molekul O2. Setiap unit terdiri dari 1 rantai polipeptida yang mengikat molekul lainnya. Struktur molekul heme, molekul hemoglobin pada manusia terdiri dari 4 sub unit protein yang berbentuk globul yang dalam keadaan normal akan membawa ion dioksida pada Fe3+.

Tips sehat untuk menentukan kadar hemoglobin saat ini menggunakan alat pengukur khusus. Alat ini akan mendeteksi secara otomatis kadar hemoglobin. Kadar hemoglobin dapat dinyatakan dengan satuan gram/dl. Nilai normal kadar hemoglobin pada setiap orang berbeda namun dapat ditentukan berdasarkan umur dan jenis kelamin misalnya :

-         Pada anak-anak diantara 10-12 gram/dl.
-         Pria dewasa antara 13-17 gram/dl.
-         Wanita dewasa antara 11-15 gram/dl.
-         Pria tua antara 12-14 gram/dl.
-         Wanita tua antara 11-13 gram/dl.ss

Pemeriksaan hemoglobin tidak selalu sama pada tiap test laboratorium namun secara umum dapat dipastikan kadar hemoglobin pada pria lebih tinggi sedikit dari pada wanita.

Dari penelitian, kadar hemoglobin rata-rata penduduk yang bertempat tinggal di dataran tinggi akan memiliki hemoglobin lebih tinggi dari pada yang tinggal di dataran rendah atau orang yang tinggal di dataran tinggi yang memiliki kadar oksigen rendah maka cenderung memiliki sel darah merah lebih banyak. Sedangkan kadar hemoglobin rendah dapat diksenal pada istilah anemia. Penyebab anemia itu sendiri antara lain kekuranan gizi, pendarahan dan lain lain.

Penurunan hemoglobin yang diakibatkan dehidrasi dapat membuat tubuh lemah dan malas beraktifitas. Cara cepat meningkatkan hemoglobin adalah mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi. Ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi agar molekul hemoglobin dapat terbantu. Buah-buahan ini seperti buah-buahan, sayuran, roti, kacang dan daging merah. Daging merah memiliki kadar zat besi cukup banyak yang mudah dicerna oleh tubuh sehingga dapat meningkatkan hemoglobin. Mengkonsumsinya daging merah harus benar-benar seimbang karena dapat memicu terjadinya penyakit jantung.

Itulah penjelasan tentang pemeriksaan hemoglobin yang bisa anda ketahui. Jagalah kestabilan sel darah merah dalam tubuh agar kita selalu sehat. Semoga bermanfaat. Salam sehat.