Bayam :: Manfaat Sayur Bayam Untuk Kesehatan

Diposkan oleh Juvida Ellena on Sabtu, 28 April 2012

Batik Murah
Manfaat sayur bayam mungkin tidak semua orang mengetahuinya. Bayam merupakan tanaman sayur hijau yang sangat kaya akan manfaat dan zat gizi penting untuk kesehatan tubuh kita. Tumbuhan sayur ini berasal dari Amerika tropik namun sekarang sudah tersebar keseluruh dunia. Manfaat bayam untuk kesehatan sangat banyak yang bisa anda ketahui.

Pada tingkat konsumen jenis bayam ada dua macam, yaitu bayam petik dan bayam cabut. Bayam petik yaitu bayam yang berdaun lebar dan tumbuh tegak besar hingga 2m, dan daun muda bayam petik ini biasanya dimanfaatkan sebagai lalapan seperti halnya pada gado-gado, pecel, juga bisa dibuat urap serta dibuat krupuk bayam yang dibaluri dengan tepung. Sedangkan bayam cabut adalah sayur yang bentuk daunnya berukuran kecil yang biasa kita temui di pasar untuk dibuat sayur, kuah dan lainnya.

Cara menanam tanaman bayam cabut ini tidak membutuhkan waktu lama tidak seperti halnya bayam petik, hanya membutuhkan waktu sekitar 25 hari dan setelah itu bisa dicabut dan dijadikan sayur sesuai selera anda. Bayam cabut bisa anda jadikan sayur kuah dan sayur bobor serta anda bisa mengolah sari bayam menjadi bahan utama untuk membuat cake. Kandungan bayam sangat banyak zat besi yang terdapat didalamnya lebih tinggi dari pada sayur daun lainnya. Selain itu ada juga bayam merah namun tidak banyak orang mendapatkannya. Bayam merah tumbuh didaerah tertentu di daerah sejuk dan cukup air.

Zat besi yang terkandung dalam bayam berfungsi sebagai penyusun sitokrom, protein yang terlibat dalam foto sintesis sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit anemia. Setiap 100 gram bayam mengandung 2,3 gram protein dan 3,2 gram karbohidrat; 3 gram besi dan 81 gram kalsium. Bayam juga kaya akan berbagai macam vitamin dan mineral, yakni vitamin A, vitamin C, niasin, thiamin, fosfor, riboflavin, natrium, kalium dan magnesium.

Selain itu, sayur bayam juga mengandung antioksi dan esensial dan fitokimia yang membantu melindungi tubuh terhadap berbagai penyakit. Berikut adalah beberapa manfaat bayam yang bisa anda ketahui untuk kesehatan:
Yang pertama, bayam bermanfaat sebagai sumber Anti-inflamasi. Hal itu disebabkan karena dalam bayam mengandung sifat alkalinitas yang tinggi. Oleh karena itu daun bayam ini dimanfaatkan sebagai sayur pilihan terbaik untuk penderita penyakit inflamasi seperti rheumatoid arthritis dan osteoarthritis.

Yang kedua, bayam berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Sayur ini banyak mengandung kalium dan rendah solium yang tingkat mineralnya seimbang sehingga sangat baik untuk dikonsumsi penderita tekanan darah tinggi. Selain itu, folat dalam bayam juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan melemaskan pembuluh darah, dengan demikian mempertahankan kelancaran aliran darah.

Manfaat sayur bayam yang ketiga yaitu berfungsi untuk mencegah terjadinya anemia. Zat besi yang terkandung dalam sayur ini membantu meregenerasi atau memperbanyak sel darah merah, yang membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh sehingga anemia yang akan terjadi bisa dicegah dengan mengkonsumsinya.
Ke-empat bayam bermanfaat untuk mencegah osteoporosis. Penyakit Osteoporosis bisa dicegah dengan cara mengkonsumsi sayur baya. Secangkir daun bayam segar bisa memenuhi 200% kebutukan nilai harian akan vitamin K. Vitamin ini amat penting dalam pencegahan tulang kropos. Selain itu, mineral lainnya seperti magnesium, seng, tembaga dan fosfor dalam bayam juga membantu penguatan tulang.

Fungsi bayam yang kelima yaitu bisa mencegah terjadinya diabetes. Bayam sangat berguna bagi orang yang menderita diabetes. Magnesium yang terkandung dalam bayam bisa membantu untuk mencegah komplikasi yang terjadi setelah diabetes. Konsumsi secara rutin sayur bayam yang membantu menstabilkan gula darah dan mencegah dari berfluktuasi terlalu banyak.

Meningkatkan kualitas penglihatan itu manfaat bayam yang ke enam. Bayam merupakan sumber lutein, karotenoid yang dikenal membantu melindungi mata terhadap katarak. Sayur ini juga kaya akan vitamin A, yang sangat bermanfaat untuk penglihatan.
Manfaat bayam yang ke tujuh yaitu untuk Melawan Sel Kanker. Vitamin A dan C serta serat, asam folat dan 13 flavonoid yang terkandung dalam bayam sangat bermanfaat dalam memerangi sel kanker. Sebuah penelitian menunjukkan, kandungan tersebut dapat menurunkan risiko kanker sebesar 34% terutama pada kanker payudara, kanker rahim, kanker prostat, kanker kulit dan kanker perut. Denagan cara mengkonsumsi bayam secara rutin sel kanker yang akan mengendap pada tubuh kita akan tercegah.

Manfaat sayur bayam yang terakhir berfungsi untuk mengobati pendarahan gusi. Cara mengkonsumsinya cukup dengan membuatnya jus bayam dengan dicampur jus wortel. Hal itu sangat membantu dalam mengobati gusi berdarah yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C dan asupan terlalu banyak gula halus.

Itulah sekedar info tips sehat untuk manfaat bayam bagi kesehatan tubuh kita. Jangan sepelekan sesuatu yang kecil karena yang besar belum tentu bisa dan bermanfaat untuk kita. Mulai dari sekarang mengkonsumsi sesuatu yang bisa menyehatkan dan mencegah datangnya penyakit pada tubuh seperti halnya bayam. Sangat rugi bagi orang yang tidak suka sayur yang satu ini, karena manfaat sayur bayam memiliki cakupan gizi yang sangat banyak. Semoga info di atas bermanfaat untuk anda.