Manfaat Buah Kurma: Menguatkan Rahim ketika Melahirkan

Diposkan oleh Juvida Ellena on Sabtu, 14 April 2012

Batik Murah
Manfaat buah kurma bagi kesehatan sangat banyak yang bisa anda ketahui. Buah ini bisa kita jumpai di pasar dan supermarket. Kurma sangat cocok untuk menu utama berbuka puasa. Selain rasanya yang manis, juga kaya akan manfaat. Bukan hanya di bulan ramadhan saja, kurma menjadi sunnah Rasul yang sangat dianjurkan. Jadi setiap hari kita bisa mengkonsumsinya.

Kurma atau dalam bahasa arab disebut Tarm merupakan tanaman palma yang banyak mengandung khasiat untuk kesehatan tubuh. Manfaat kurma sudah banyak terbukti dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Buah kurma memiliki beberapa jenis, yaitu kurma kimri (kurma yang masih muda), kurma kering (tarm), kurma basah (ruthab) serta kurma khalal (kurma yang berurukuran penuh). Penanaman pohon kurma untuk bisa berbuah membutuhkan waktu yang sangat lama antara 4 sampai 7 tahun dan itupun bisa dipanen ketika kurma sudah berumur 7 sampai 10 tahun.

Kurma kering (tarm) sangat bermanfaat menguatkan sel-sel usus dan dapat membantu melancarkan saluran kencing. Hal itu bisa kita ketahui karena pada buah kurma kering ini mengandung serabut-serabut yang mempunyai tugas untuk mengontrol laju gerak usus dan menguatkan rahim terutama ketika melahirkan.

Selain kurma kering, ada juga kurma basah (ruthab). Manfaat kurma basah memiliki pengaruh besar untuk mengontrol laju gerak rahim dan bisa menambah masa systolenya atau kontraksi jantung ketika darah dipompa ke pembuluh nadi. Selain khasiat buah kurma ruthab juga bisa mencegah terjadinya pendarahan bagi wanita ketika melahirkan dan mempercepat proses pengembalian posisi rahim seperti sediakala sebelum waktu hamil yang berikutnya. Hal itu dikarenakan kurma ruthab mengandung hormon yang menyerupai hormon oxytocine yang dapat membantu proses kelahiran.

Manfaat lain dari kurma kering (tarm) dan kurma basah (ruthab) selain yang sudah dijelaskan di atas juga bermanfaat untuk menenangkan sel-sel saraf melalui pengaruhnya terhadap kelenjar gondok. Kurma yang direbus akan menghasilkan sari buah kurma yang memiliki manfaat luar biasa untuk memperlancar saluran kencing. Dengan mengkonsumsinya kita bisa terhindar dari penyakit strok yang akan menyerang tubuh kita. Manfaat sari kurma juga kaya akan zat garam mineral yang menetralisasi asam, seperti Kalsium dan Potasium.

Buah kurma adalah makanan terbaik untuk menetralisasi zat asam yang ada pada perut karena meninggalkan sisa yang mampu menetralisasi asam setelah dikunyah dan dicerna yang timbul akibat mengkonsumsi protein seperti ikan dan telur.Buah kurma mengandung Vitamin A yang baik dan dapat memelihara kelembaban dan kejelian mata, menguatkan penglihatan, pertumbuhan tulang, metabolisme lemak, kekebalan terhadap infeksi, kesehatan kulit serta menenangkan sel-sel saraf.

Banyak sekali kan manfaat buah kurma yang bisa anda ketahui melalui tips sehat ini?. Jangan sepelekan hal yang kecil karena yang besar belum tentu bisa apa-apa, seperti halnya buah kurma ini. Meskipun kecil dengan bentuk agak lonjong tapi kaya akan manfaat dalam penyembuhan dan pencegahan penyakit yang akan menyerang tubuh kita. Semoga bermanfaat ya.