Cara Menahan Emosi

Diposkan oleh Juvida Ellena on Rabu, 04 April 2012

Batik Murah
Cara menahan emosi penting bagi kita agar terjadi komunikasi efektif dengan orang lain. Perkembangan emosi yang negatif bisa berdampak buruk pada diri dan orang-orang di sekitar kita. Sebelum bicara lebih jauh kita kupas dulu pengertian emosi. Emosi adalah suatu reaksi seseorang yang dirasakan disaat menghadapi situasi tertentu yang berbeda. Jika kita teliti lebih spesifik, sebenarnya semua emosi itu sama. Hanya saja tergantung situasi pada saat kita merasakannya, sehingga beberapa pakar menyebutkan bahwa emosi hanya dibagi dua. Yang pertama adalah emosi yang bersifat menyenangkan dan kedua emosi yang tidak menyenangkan. Keduanya harus kita kontrol dengan baik agar semua berjalan wajar.

Contoh emosi yang menyenangkan seperti bahagia, tertawa, tersenyum dan gembira melihat atau mendengar sesuatu. Sedangkan contoh emosi yang tidak menyenangkan misalnya marah, sedih, kecewa, kesal, bahkan menangis. Anda pasti pernah merasakan marah, kesal, kecewa dan lain-lain. Kebanyakan orang harus melampiaskan emosi tersebut sebelum membeludak dan membuat kita stress. Nah emosi yang tidak menyenangkan inilah yang akan saya bahas untuk anda.

Emosi tidak menyenangkan contohnya kemarahan, ini memiliki dampak negatif bagi orang lain bahkan bagi diri kita sendiri. Oleh karena itu Emosi tidak menyenangkan ini yang harus benar-benar kita perhatikan. Kita harus tahu bagaimana caranya agar kita dapat mengendalikannya. Jika kita tidak mempunyai pengetahuan tentang bagaimana cara mengendalikan emosi, sungguh akan berdampak buruk bagi kita.

Kebanyakan orang mudah terpancing dalam kemarahan yang sedang mereka alami. Sebenarnya semua orang dapat mengendalikannya dengan baik. Hanya saja mereka tidak memiliki pengetahuan akan hal itu. Jadi sebelum anda melukai perasaan orang-orang di sekitar anda dengan emosi yang anda alami, cobalah cara menahan emosi berikut ini :

Pertama anda bisa menahan emosi dengan tarik nafas dan mengusap dada anda. Tips menarik nafas ini sudah dipercaya mempu menurunkan emosi dan mengontrolnya lebih stabil. Anda juga bisa membuat perhatian anda teralihkan pada hal lain. Misalnya menjauh dari ruangan yang penuh dengan rasa emosi yang sedang anda alami pada saat itu. Anda juga bisa menghindar dengan cara membahas persoalan lain yang lebih tenang dan nyaman untuk dibicarakan. Ini akan lebih menenangkan emosi anda.

Saat ada orang yang memancing emosi anda, usahakanlah untuk bersikap tenang dan santai. Namun hal ini sulit kita lakukan karena cara ini butuh kesabaran yang besar. Jangan dengarkan perkataan yang sekiranya hanya akan membuat anda marah. Anda cukup menanggapi sesuatu yang dapat meredam emosi anda. Misalnya dengan menegur halus lemah lembut dan sebagainya. Bahkan teguran yang baik, sopan dan lemah lembut bagi orang yang akan membuat anda marah dapat mencegah emosi orang tersebut. Jadi secara tidak langsung anda membuat emosi orang lain stabil.

Kedua yaitu pengambilan sikap yang positif setelah menghadapi sesuatu yang dapat menimbulkan emosi. Anda harus lebih dewasa dalam menyikapi sesuatu yang dapat memancing emosi anda. Ini merupakan tips yang cukup sulit karena tidak semua orang memiliki ketenangan dan kedewasaan yang sama. Oleh karena itu latihlah kedewasaan anda agar mudah nantinya anda menahan emosi.

Namun yang harus anda ketahui, menahan emosi sangatlah tidak baik. Hal ini bisa membuat anda stress, bahkan dapat memicu menyebabkan penyakit bagi diri anda. Tips sehat ini dapat Anda praktekkan agar emosi anda terkendali. Pemikiran dewasalah yang akan membawa anda jauh lebih baik dan bisa mengontrol emosi. Pesan terakhir dari saya, lakukanlah cara menahan emosi yang positif agar orang lain di sekitar anda merasa nyaman. Untuk apa kita emosi kalau akhirnya kita yang akan rugi. Ya kan? Ya toh? Ya dong!