Buah Sawo :: Manfaat Sawo Kecik dan Sawo Manila

Diposkan oleh Juvida Ellena on Kamis, 19 April 2012

Batik Murah
Sawo merupakan buah yang sudah tidak asing lagi untuk kita. Manfaat sawo untuk kesehatan tubuh sangatlah banyak. Buah sawo ini banyak macamnya seperti sawo manila, sawo mentega, sawo ubi, alkesah atau kanistel. Masing-masing sawo mempunyai manfaat dan kandungan tersendiri di dalamnya. Dan dalam artikel ini akan saya ulaskan tentang manfaat sawo manila yang bekhasiat untuk kesehatan tubuh kita.
Sawo Kecik dan Sawo Manila

Sawo Kecik (manilkara kauki) – Sawo Belanda atau Sawo Londo
Sawo kecik dikenal juga dengan nama sawo jawa. Manfaat sawo kecik sangat dipercaya oleh para putri di zaman kerajaan. Wajarlah, di setiap keraton di nusantara ini sering kita jumpai pohon sawo kecil. Seperti di halaman keraton solo dan keraton jogjakarta. Disamping daun sawo kecik yang rindang, buah sawo kecik  sangat digemari putri putri keraton karena memiliki khasiat sebagai pengharum alami. Dengan makan buah sawo kecik, keringat, nafas maupun air seni tidak berbau pesing, justru sebaliknya baunya harum. Disamping buahnya, daun sawo kecik juga dipercaya memiliki khasiat menurunkan kolesterol.

Sawo Manila (manilkara zapota) – Sawo Jawa
Sawo manila adalah pohon buah yang berumur panjang. Ciri-ciri buah sawo manila berpohon besar dan rindang, batang sawo manila berkulit kasar abu-abu kehitaman sampai coklat tua. Seluruh bagiannya mengandung lateks, atau getah berwarna putih kental seperti susu. Sawo sangat disukai karena buahnya terasa manis dan dagingnya lembut. Dengan buah ini kita bisa mengolahnya, seperti dibuat serbat (sherbet), bisa dibuat campuran ke dalam eskrim, atau bisa dijadikan selai.


Manfaat sawo manila yang bisa anda ketahui seperti halnya sebagai makanan peningkat energi alami dengan kandungan fruktosa dan sukrosa yang membuat rasanya menjadi manis. Selain itu manfaat sawo manila juga untuk mengatasi masalah seperti gangguan gastritis dan usus. Buah sawo ini juga bermanfaat untuk mengatasi sembelit, hal itu dikarenakan sawo manila ini termasuk sumber buah yang mengandung serat baik. Serta bisa membantu melindungi selaput lendir usus besar kita dari racun penyebab kanker.

Sawo manila banyak mengandung mineral seperti tembaga, zat besi, kalium, Vitamin A dan C. dan terdapat kandungan niacin, folat dan sebagainya, semua kandungan itu bermanfaat untuk membantu tubuh dalam meningkatkan sistem kekebalan. Selain itu, sawo manila juga tanin, senyawa fenolik poli yang berisi sifat antiinflamasi, anti virus dan anti bakteri.

Itulah tips sehat tentang khasiat atau manfaat buah sawo manila yang bisa saya bagikan untuk anda. Maha suci Allah yang telah menciptakan buah yang bisa membantu kesehatan tubuh kita. Semoga tips kecantikan ini memberi pencerahan tentang manfaat buah dan sayuran.