Cara Mengobati TBC-Tuberkolosis

Diposkan oleh Juvida Ellena on Senin, 13 Februari 2012

Batik Murah
Cara Mengobati TBC bukan hal yang mudah untuk kita lakukan. TBC adalah penyakit yang tidak mudah disembuhkan dalam beberapa waktu saja dan penyakit ini tidak bisa kita abaikan begitu saja. Penyakit TBC adalah penyakit yang bisa mematikan. Jika anda adalah salah satu dari mereka yang terkena penyakit ini segera periksalah kedokter. Penyakit TBC-Tuberkolosis dapat menyerang siapa saja, dan tidak memandang usia.

Penyakit TBC merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mikobakterium tuberklosa. Penyakit ini bisa menular dan lama untuk bisa sembuh. Fakta menyatakan bahwa penyakit TBC lebih banyak menyerang pada usia produktif  yang berkisar antara usia 15 tahun – 35 tahun.

Tuberkolosis bisa menular melalui udara. Bakteri mikobakterium tuberkulosa bisa menyebar saat penderita TBC batuk atau mengeluarkan dahak dan meludahkannya ke sembarang tempat. Orang yang memiliki daya tahan tubuh yang rendah bisa terserang penyakit ini karena bakteri yang ada bisa masuk dan bersarang dalam paru-paru yang bisa membuat perkembang biakan bakteri ini bisa semakin cepat, dan hal itu bisa menimbulkan infeksi dengan mudah. Bakteri menyebar melalui pembuluh darah atau kelenjar getah bening sehingga menimbulkan penyakit TBC.

Hampir seluruh organ tubuh bisa terkena infeksi TBC seperti halnya paru-paru. Otak, ginjal, saluran pencernaan, kelenjar getah bening dan juga tulang dan organ tubuh lainnya. Dan di antara organ-organ yang disebut itu yang paling sering terkena yaitu organ tubuh yang mengatur pernafasan kita yakni paru-paru.

Berkembangnya penyakit TBC di indonesia setiap tahunnya tercatat sebesar 250 juta kasus baru dan 140.000 diantaranya menyebabkan kematian. Indonesia merupakan negara yang terbesar ketiga yang memiliki penderita penyakit TBC di dunia.

Di bawah ini merupakan penyebab terjadinya penyakit TBC – Tuberkolosis.

Telah dijelaskan di atas bahwa penyakit TBC- tuberklosis adalah penyakit infeksi yang ditimbulkan karena adanya bakteri Mikobakterium tuberklosa. Wujud bakteri ini berbentuk batang dan bersifat tahan asam sehingga bakteri ini di kenal sebagai Batang Tahan Asam (BTA).

Penyebab terjadinya penyakit TBC bukan hanya karena bakteri, kurangnya sinar matahari pada suatu ruang juga menjadi faktor timbulnya penyakit tersebut, dan juga disebabkan oleh faktor lingkungan yang lembab serta kurangnya sirkulasi udara. Faktor ketiga tersebut sangat berpengaruh terhadap timbulnya penyakit TBC. Lingkuunagan yang tidak sehat merupakan dampak yang buruk bagi kesehatan anda.

Pengidap penyakit TBC - tuberkolosis akan mengalami gejala-gejala seperti di bawah ini :

1.      Menurunnya nafsu makan
2.      Perasaan lemah. Lesu dan tidak enak (malaise)
3.      Sering berkeringat di malam hari
4.      Gampang terkena influenza dan bersifat hilang timbul
5.      Mudah demam, demam yang terjadi tidak terlalu tinggi dan berlangsung lama.
6.      Batuk-batuk selama lebih dari 3 minggu dan bisa disertai dengan darah. 

Gejala Khusus yang terjadi pada pengidap Penyakit TBC yaitu :

Penyakit TBC akan bersifat fatal jika kita tidak langsung memeriksakannya kepada dokter dan penyakit ini bisa mengenai organ tubuh yang sangat disayangkan oleh kita. Gejala khusus penyakit TBC ini tergantung pada organ tubuh mana yang terkena, seperti halnya saluran yang menuju ke paru-paru bila terjadi sumbatan sebagian bronkus akibat penekanan kelenjar getah bening yang membesar, akan menimbulkan suara “mengi”, suara nafas melemah yang disertai sesak.

Jika terdapat cairan dirongga pleura atau pembungkus paru-paru, sakit yang timbul dapat disertai dengan keluhan sakit dada. Bila mengenai tulang, maka akan terjadi gejala seperti infeksi tulang yang pada suatu saat dapat membentuk saluran dan bermuara pada kulit di atasnya, pada muara ini akan keluar cairan nanah.

Jika penyakit TBC ini terjadi pada anak-anak akibatnya akan langsung pada otak (lapisan pembungkus otak) dan disebut sebagai meningitis (radang selaput otak), gejala yang akan timbul yaitu demam tinggi, adanya penurunan kesadaran dan kejang-kejang. Gejala tersebut harus di waspadai kerena bisa mengancam terhadap keselamatan nyawa anda.

Berikut adalah cara pencegahan Penyakit TBC yang bisa saya bagikan untuk anda:

Agar kita terhindar dari penyakit, mulai dari sekarang biasakanlah hidup sehat. Penyakit bisa datang kapan saja dan kepada siapa saja, mencegah penyakit tentunya akan lebih baik daripada mengobati. Pola hidup sehat adalah kunci utama untuk mencegah datangnya penyakit terutama penyakit yang membahayakan dan menyiksa tubuh tidak lain adalah penyakit TBC.
Penyakit TBC-Tuberkolosis

menjaga kebersihan lingkungan rumah juga merupakan hal terpenting untuk menghindari penyakit. Jika terjadi penyakit yang menyerang pada anda dan keluarga anda segeralah periksakan ke dokter. Jika anda termasuk penderita penyakit TBC patuhilah saran dokter dan jangan sampai mengabaikan saran dokter untuk minum obat yang sudah diberikan sesuai dengan petunjuk.

Berikut merupakan langkah-langkah pencegahan untuk meminimalisir penyebaran penyakit TBC  – Tuberkolosis.

1.      Langkah pertama untuk menimalisir penyebaran penyakit TBC yaitu jangan meludah di sembarang tempat. Usahakan jika anda ingin meludah, buanglah pada tempat yang terkena sinar matahari. Hal tersebut bisa mencegah terjadinya penularan penyakit yang telah di derita terhadap orang lain.
2.      Jaga jarak jika berhadapan dengan pengidap penyakit TBC, karena hal itu bisa menular.
3.      Tutup mulut jika ada orang batuk atau bersin, bagi penderita penyakit TBC sebaiknya selalu pakai masker untuk menutup mulut dan hidung.
4.      Jemurlah tempat tidur bekas penderita penyakit TBC secara teratur, kuman yang menempel pada tempat tidur bisa mati jika terkena sinar matahari.
5.      Jangan makan sisa penderita penyakit TBC atau memakai tempat makan dan minum yang sudah di pakai penderita TBC karena kuman yang nempel bisa cepat menular.
6.      Senantiasa menjaga badan agar tetap sehat dan sistem imun dalam tubuh kita tetap terjaga dan kuat dari serangan kuman penyakit.
7.      Makanlah makanan yang sehat dan bergizi agar daya tahan tubuh terus meningkat.
8.      Istirahat yang cukup, jangan begadang karena hal itu bisa melemahkan sistem imunitas tubuh.
9.      usahakan setiap pagi olah raga, hal iyu bisa membantu menyehatkan tubuh anda.
10.  Berilah imunisasi pada bayi anda. Imunisasi bisa membuat bayi anda sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Lakukan juga imunisasi untuk mencegah penyakit TBC-Tuberkulosis pada bayi anda.

Itulah tips sehat cara mengobati TBC-Tuberkolosis, mencegah lebih baik daripada mengobatai. Semoga bermanfaat.