Cara Mengecilkan Betis

Diposkan oleh Juvida Ellena on Minggu, 05 Februari 2012

Batik Murah
Otot pada paha dan betis adalah salah satu kelompok otot yang paling sulit dilatih dan dibentuk. Cara mengecilkan betis selalu menjadi perhatian wanita, khususnya untuk menunjang penampilan ketika memakai rok mini dan celana pendek. Betis yang kuat dan kokoh memang terlihat seksi. Sebaliknya, betis dan paha yang terlalu besar bisa memperburuk penampilan. Itulah sebabnya banyak wanita yang berusaha mengecilkan betis.

Betis Kecil Indah
Betis Kecil Indah
Masyarakat meyakini, wanita yang memiliki betis kecil di bagian bawah memiliki kemampuan seks yang luar biasa. Bisa jadi ini hanyalah mitos atau sekedar sugesti karena memang wanita dengan betis kecil akan terlihat indah dan seksi. Upaya mengecilkan betis pun menjadi dambaan para wanita. Mereka yang memiliki paha maupun betis besar sering kali minder atau rendah diri.

Anda yang mempunyai betis besar tidak usah minder apalagi putus asa. Di sini saya akan berbagi tips cantik dan sehat untuk mengecilkan betis besar yang anda miliki. Untuk itu bentuklah betis anda sesuai dengan bentuk tubuh anda agar terlihat atletis dan seksi.
Beberapa hal yang perlu diketahui penyebab betis menjadi besar seperti tertera di bawah ini.
  1. Faktor genetik atau keturunan. Yang ini sudah dari sononya.
  2. Sering berdiri dalam waktu yang lama, sehingga sirkulasi darah di pembuluh darah buruk dan toksin terakumulasi pada bagian bawah tubuh.
  3. Cara olahraga yang salah membuat lemak melekat pada otot dan menjadi akumulasi lemak di kaki.
  4. Memakai sepatu yang tidak cocok untuk kaki
  5. Secara rutin melakukan kegiatan yang memaksa bola kaki  menahan beban berat pada kaki bagian belakang.
  6. Berjalan dengan sepatu hak tinggi.
Mengecilkan Betis
Mengecilkan Betis untuk Kecantikan
Dari 6 penyebab di atas terlihat bahwa betis besar itu terbentuk karena seringnya anda melakukan kegiatan berat. Kendati demikian, jika betis anda sudah terlihat besar, anda tidak perlu cemas dan punya pemikiran untuk tidak ingin melakukan aktifitas berat lagi. Aktifitas sangat penting untuk menunjang kesehatan tubuh kita. Cara mudah untuk mengecilkan betis besar memang membutuhkan waktu yang relatif lama dan kesabaran penuh.

Harus diakui, kecantikan adalah milik semua wanita, tetapi tentunya membutuhkan kedisiplinan untuk bisa merubah bentuk tubuh. Jika anda bertahan dan bersabar, maka kaki indah akan menjadi milik Anda. Untuk perbaikan jangka panjang, langkah-langkah yang benar harus dilakukan dengan rutin sebelum akhirnya melihat hasil yang anda inginkan. Berikut ada tips cara mengecilkan betis yang bisa Anda coba.

A. Perbanyak latihan kardiovaskular
Kardiovaskular adalah sistem peredaran darah. Sistem ini menolong stabilisasi suhu dan pH tubuh.Anda bisa melakukan olahraga ringan yang lebih mengutamakan ketahanan seperti jogging dan berenang. Olahraga tersebut lebih efektif untuk mengecilkan otot betis. Hindari lari cepat (sprint) dan olahraga lain yang membutuhkan kekuatan dan kecepatan gerak kaki karena hal itu bisa membuat betis anda membesar.

B.Hindari beban berlebih di tumit
Saat berjalan, seimbangkan titik berat tubuh di seluruh telapak kaki. Titik berat yang terlalu bertumpu pada tumit akan membuat betis makin besar.

C. Lakukan gerakan ‘ankle circle’
Caranya duduk tegak di atas sebuah kursi, angkat salah satu kaki lalu putar ankle (pergelangan kaki) searah jarum jam sebanyak 6 kali. Ulangi dengan gerakan melawan arah jarum jam, lalu lakukan hal yang sama secara bergantian antara kaki kiri dan kaki kanan.

D.Lakukan latihan peregangan
Olahraga yang banyak melibatkan latihan peregangan seperti yoga dan pilates bisa mengurangi gumpalan otot betis. Salah satu gerakan yang dianjurkan adalah berdiri menghadap tembok, salah satu kaki diluruskan ke belakang sementara kaki lainnya ditekuk ke depan dan kedua tangan menempel di tembok. Lakukan gerakan mendorong tembok, tahan 15-30 menit, lakukan bergantian antara kaki kanan dan kaki kiri. Peregangan tersebut sangat efektif untuk mengilkan betis besar anda.

E. Lakukan ‘calf press’
Otot betis bisa di-press agar tampak lebih padat dengan alat yang dinamakan ‘soleus press’. Cara menggunakannya adalah duduk tegak di papan yang tersedia, lalu letakkan bantalan penahan di atas paha. Setelah bebannya disesuaikan, naikkan bantalan penahan tersebut dengan cara mengangkat tumit. Lakukan hal tersebut secara pelan agar proses mengecilkan betis berjalan dengan sempurna.

F. Gunakan elliptical trainer
Alat yang digunakan untuk menghasilkan gerakan seperti berjalan ini paling bagus untuk melatih bagian quadriseps, yakni sekumpulan otot di atas lutut. Kadang-kadang jika olahraga lain gagal mengecilkan otot betis, bentuk yang tidak proporsional itu bisa disamarkan dengan memadatkan bagian quadriseps.

Itulah tips sehat cara mengecilkan betis yang bisa saya bagi untuk anda. Semoga dengan menerapkan tips kecantikan ini anda akan tampil cantik alami dan percaya diri.