Cara Mengatasi Sembelit (Sulit Buang Air Besar)

Diposkan oleh Juvida Ellena on Sabtu, 04 Februari 2012

Batik Murah
Cara mengatasi sembelit | Mengatasi sulit Buang Air BeSar tidak semudah seperti yang kita bayangkan. Sembelit atau Konstipasi adalah kesulitan buang air besar akibat feses yang mengeras karena berbagai sebab. Sembelit menyebabkan seseorang jadi jarang buang air besar (BAB). Feises yang terlalu kering juga beresiko tinggi menyebabkan wasir atau nama lain dari hemoroid atau ambeien. Biasanya seseorang sembelit karena kurang makan makanan dan minuman serat serta kurang minum air sehingga tinja orang tersebut mengeras sulit untuk dikeluarkan tubuh secara normal. Sembelit memang cukup menyiksa. Itulah sebabnya anda perlu belajar mengatasi sembelit.

Bukan cerita baru lagi bila seseorang mengalami sembelit, maka ia akan dianjurkan minum air yang banyak. Penelitian yang dipimpin oleh Robert D. Linderman di University of New Mexico, Albuquerque, ternyata membuktikan bahwa asupan cairan tidak berkolerasi dengan terjadinya sembelit kronik. Kurangnya minum ternyata bukanlah faktor yang bermakna atas terjadinya sembelit, hal ini di temukan setelah melakukan penelitian terhadap hampir 900 sukarelawan lanjut usia. 

Sembelit secara fakta tidak dapat diatasi dengan cara hanya menambah asupan cairan. Hal tersebut banyak ditemukan oleh berbagai penelitian lainnya. Karenanya, untuk meluruskan kesalahpahaman yang telah terjadi selama ini, beberapa pakar yang dipimpin Profesor Stefan A Muller-Lissner dari Humboltd University, Berlin, mengulas berbagai mitos dan kesalahpahaman seputar mengatasi sembelit ini dalam the American Journal of Gastroenterology tahun 2005 yang lalu. 

Dalam jurnal ilmiah, Profesor Muller-Lissner menegaskan, "Data ilmiah membuktikan konsistensi kotoran tidak dapat dimanipulasi dengan meningkatkan asupan cairan. Juga disimpulkan tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa peningkatan asupan cairan dapat mengatasi masalah sembelit", terus bagaimana cara mengatasi sembelit agar tidak terus berlanjut dalam tubuh kita dan bisa menjadi penyebab terjadinya penyakit yang tidak kita inginkan tersebut?. 

Berikut ini tips mengatasi sembelit secara praktis yang dapat membantu anda ketika mengalami sembelit:
A. Tambahkan Cairan jika dehidrasi
Jika memang tubuh mengalami tanda dehidrasi tersebut, minumlah tambahan cairan secukupnya sesuai kemampuan.

B. Pastikan anda tidak dalam keadaan dehidrasi.
Salah satu ciri utama tubuh dalam keadaan dehidrasi adalah berkurangnya frekuensi berkemih dan warna urine yang lebih gelap dari biasanya. Jika anda dalam keadaan dehidrasi maka kemungkinan anda akan terkena sembelit. Kekurangan cairan dalam tubuh juga berpengaruh dalam proses terjadi sembelit.
C. Gunakanlah laksatif / pencahar
yang telah terbukti efektif dan dapat diperoleh bebas di Apotik atau toko obat. Salah satu pencahar yang saya ketahui yaitu dulcolax (bukan promosi lho).Jika pencahar ini tidak juga mengatasi masalah Anda, maka sebaiknya Anda berobat ke dokter untuk memastikan tidak ada kelainan pencernaan yang serius.

D. Jangan minum banyak jika anda tidak dehidrasi
Setelah Anda cukup yakin tidak dalam kondisi dehidrasi, janganlah memaksakan diri untuk minum lebih banyak lagi. Selain hal ini justru menambah rasa tidak nyaman di perut, cara ini juga terbukti tidak efektif mengatasi sembelit.

Untuk menghilangkan sembelit secara alami, kita bisa menggunakan bahan-bahan alami yang biasa digunakan di dapur untuk memasak yaitu jeruk nipis segar. Untuk membuat ramuan tradisionil ini cukup dengan mancampur jeruk nipis yang rasanya asam ke dalam satu gelas air panas, lalu dicampur dengan setengah sendok teh garam ke dalam gelasnya. Pastikan perut anda sudah terbiasa dengan yang asam-asam. Minumlah sedikit dulu jika tubuh anda belum terbiasa.

Itulah tips sehat cara mengatasi sembelit, semoga bermanfaat. Selamat mencoba