Manfaat Dan Bahaya Kopi Terhadap Kesehatan

Diposkan oleh Juvida Ellena on Kamis, 26 Januari 2012

Batik Murah
Manfaat dan bahaya kopi terhadap kesehatan adalah pembahasan yang kali ini akan saya bagikan untuk anda. Kopi merupakan minuman yang sangat di minati oleh berjuta manusia. Kopi adalah sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi. Rasa ngantuk yang anda rasakan bisa dihilangkan dengan meminum secangkir kopi. Kopi disebut sebagai minuman penangkal kantuk . 
Peminat kopi sangatlah banyak, dari kalangan Pria maupun kaum wanita. Kopi banyak ditemukan dimana-mana. Kopi juga bisa ditemukan di gerai-gerai kopi di tiap kota bahkan sampai masuk ke mall.
Kopi mengandung banyak manfaat. Mencegah penyakit saraf, dan kopi yang mengandung kafein memiliki kemampuan antibakteri dan antilengket, sehingga dapat menjaga bakteri penyebab lubang menggerogoti lapisan gigi. Dan banyak manfaat lainnya. Tetapi tahukah Anda selain kopi kaya akan manfaat, minuman ini juga ada bahayanya untuk kesehatan.

Dibawah ini akan saya bahas mengenai manfaat dan bahaya kopi untuk kesehatan.

1. Manfaat Kopi
Kopi kaya akan manfaat. Dalam dunia kedokteran, manfaat kopi yang mengandung kafein digunakan sebagai perangsang kerja jantung dan sebagai meningkat produksi urin. Kafein yang berdosis rendah berfungsi sebagai bahan pembangkit stamina dan penghilang rasa sakit. Kandungan kafein dalam kopi memiliki efek yang beragam pada setiap manusia. 

Beberapa orang akan mengalami efeknya secara langsung, sedangkan orang lain tidak merasakannya sama sekali. Hal ini terkait dengan sifat genetika yang dimiliki masing-masing individu terkait dengan kemampuan metabolisme tubuh dalam mencerna kafein.

Batas aman konsumsi kafein yang masuk ke dalam tubuh perharinya adalah 100-150 mg. Dengan jumlah ini, tubuh sudah mengalami peningkatan aktivitas yang cukup untuk membuatnya tetap terjaga. Mekanisme kerja kafein dalam tubuh adalah menyaingi fungsi adenosin (salah satu senyawa yang dalam sel otak bisa membuat orang cepat tertidur).

Manfaat kafein itu tidak memperlambat gerak sel-sel tubuh, melainkan kafein akan membalikkan semua kerja adenosin sehingga tubuh tidak lagi mengantuk, tetapi muncul perasaan segar, sedikit gembira, mata terbuka lebar, jantung berdetak lebih kencang, tekanan darah naik, otot-otot berkontraksi dan hati akan melepas gula ke aliran darah yang akan membentuk energi ekstra.
Minuman Kopi
Peranan utama kafein ini di dalam tubuh adalah meningkatan kerja psikomotor sehingga tubuh tetap terjaga dan memberikan efek fisiologis berupa peningkatan energi. Efeknya ini biasanya baru akan terlihat beberapa jam kemudian setelah mengonsumsi kopi. Kafein tidak hanya dapat ditemukan pada tanaman kopi, tetapi juga terdapat pada daun teh dan biji cokelat.


Itulah sebabnya berbagai jenis minuman pembangkit stamina umumnya mengandung kafein sebagai bahan utamanya.

2. Bahaya Kopi terhadap kesehatan
Selain banyak manfaatnya, kopi bahaya terhadap kesehatan. Kopi memiliki pengaruh negatif  yang sangat besar terhadap kesehatan kita. Salah satunya adalah efek ketergantungan. Ketergantungan terhadap minuman kopi bisa membuat kita menjadi tidak sehat. 

Bahaya meminum kopi yaitu dapat meningkatkan resiko terkena stroke. Sebuah penelitian yang dimuat dalam journal of neurology, neurosurgry and psychiatry pada tahun 2002 telah menyimpulkan bahwa minum kopi lebih dari 5 gelas perhari akan meningkatkan resiko terjadinya kerusakan pada dinding pembuluh darah. Banyak isu yang berkembang mengenai efek negatif meminum kopi bagi tubuh, seperti meningkatnya risiko terkena kanker, diabetes melitus tipe 2, insomnia, penyakit jantung, dan kehilangan konsentrasi.

Mengkonsumsi kopi dan makanan yang mengandung kafein sangat tidak dipebolehkan untuk wanita hamil. Karena kafein dapat meningkatkan denyut jantung. Resiko yang terjadi pada janin bisa menyerang plasenta dan masuk dalam sirkulasi darah janin. Dampak terburuknya, bisa menyebabkan keguguran.

3. Dosis yang tepat meminum kopi
Mengkonsumsi kopi harus mengetahui dosis yang tepat untuk meminumnya. Minum kopi dalam jumlah yang cukup atau sedang tidak akan membahayakan kesehatan kita, bahkan kopi bermanfaat bagi kesehatan. Jumlah yang boleh dikonsumsi adalah 100-150 mg kafein perhari atau setara dengan 1cangkir kopi perhari.

Mengkonsumsi lebih dari 600 mg kafein yang setara dengan 5-6 cangkir kopi per hari akan membuat anda kecanduan. Sedangkan dosis yang dapat berakibat fatal bagi manusia adalah sekitar 10 gram kafein atau 20-50 cangkir perhari. 

Itulah manfaat dan bahaya kopi terhadap kesehatan yang bisa anda ketahui. Semoga tips sehat  ini bermanfaat untuk anda yang membacanya.