Cara Pijat Bayi

Diposkan oleh Juvida Ellena on Rabu, 25 Januari 2012

Batik Murah
Cara pijat bayi tidaklah gampang. Bayi yang akan dipijat harus dalam keadaan suhu badan yang normal atau tidak panas. Usahakan perut bayi dalam keadaan tidak kenyang. Kerena bila bayi dalam keadaan panas atau perut kenyang bisa menimbulkan sakit. Pijat bayi yang baik harus secara perlahan dan penuh kelembutan. Pijat yang dilakukan dengan lembut akan membuat bayi tenang dan tidak menangis. 

Pijat adalah salah satu terapi sentuhan paling enak untuk membuat badan kita menjadi sehat dan segar bugar. Istilah pijat atau urut ini adalah warisan tradisional yang turun temurun. Sampai saat ini banyak orang membutuhkannya untuk membugarkan tubuh saat badan terasa pegal-pegal. Betapa nikmatnya bila dipijat. Saking banyaknya manfaat dari pijat yang bisa didapatkan, mulai dari pijat orang dewasa sampai pijat bayi. sehingga, seni pijat dikenal dengan sebutan the healing touch.

Tidak hanya orang dewasa yang membutuhkan sentuhan kesembuhan, bayi juga membutuhkannya. Cara pijat bayi berbeda dengan pijat orang dewasa. Pijat yang dilakukan pada bayi membutuhkan teknik memijat. Pijat bayi bisa dipraktekkan di rumah. Jika anda tidak tau tekhnik memijat bayi yang benar, anda bisa datang langsung pada dukun pijat bayi yang sudah ahlinya.

Dengan sentuhan pijat yang begitu nyaman membuat tubuh terasa ringan. Pijat atau urut yang dilakukan pada tubuh kita memang menyenangkan dan dapat melepaskan lelah yang begitu membebani tubuh kita. Manfaat Pijat bayi sangatlah banyak. Kebiasaan nangis pada bayi bisa dihilangkan dengan cara memijatnya. Dengan pijat pada bayi juga didapatkan sebuah manfaat yaitu dapat menaikkan berat badannya.

Teknik pijat bayi harus menggunakan gerakan memijat yang lembut. Pijatan yang dilakukan secara lembut pada tubuh bayi membuat bayi mudah tidur. Begitupun dengan ibu si bayi mudah untuk istirahat. Banyak manfaat pijat bayi yang bisa kita dapatkan. Dengan pijat yang dilakukan pada bayi bisa melatih eye contact dengan Ibu, mengurangi level stres hormon bayi, juga membantu bayi untuk buang air besar (pijat perut).Tubuh bayi akan terasa enak dan segar layaknya orang dewasa akan merasakan tubuh yang sehat juga..

Teknik pijat bayi sangat penting. Frekuensi memijat harus dilakukan secara rutin pada bayi, untuk membantu kontak kulit Ibu dengan bayi. Di bawah ini adalah cara pijat bayi yang benar.

Cara Pijat Bayi
Tips Cara Sehat Pijat Bayi


1.    Pijat Punggung
Pijat pada bagian punggung adalah pijat yang harus dilakukan pertama untuk melanjutkan pijat ke tubuh lainnya. Caranya dengan meletakkan tangan di punggung bergantian dari tangan kanan dan dilanjutkan oleh tangan kiri (selang-seling). Pijat punggung yang dilakukan pada bayi akan membuat tulang punggung bayi menjadi lebih kuat dan bisa cepat bisa duduk. Ulangi pijat pada punggung bayi itu sebanyak 10 kali.

2.    Perut
Pijat perut dilakukan dengan mengugunakan pijatan I Love U. Gunakan 2 atau 3 jari, yang membentuk huruf I-L-U dari arah bayi. Bila dari posisi kita membentuk huruf  I–L–U terbalik. Tahapan memijat perut dapat dilakukan dengan cara, urut perut bayi bagian kiri di mulai dari bagian bawah hingga ke bawah (I). Cara yang kedua lakukan urut secara melintang dari perut kanan bayi ke kiri perut bayi, kemudian turun ke bawah (huruf L) . Selanjutnya urut dari kanan bawah bayi, naik ke kanan perut atas bayi, dengan cara melengkung membentuk U dan turun lagi ke kiri perut bayi. Semua gerakan berakhir di perut kiri bayi.

3.    Pijat Dada
Pijat dada yang dilakukan pada bayi dengan cara menggunakan telapak tangan terbuka ke tengah dada bayi, dada dipijat secara lembut dan perlahan tanpa di tekan sekeras mungkin karena itu berbahaya untuk pernafasan pada bayi. Lalu geser diagonal ke bagian dada kanan atas, kemudian kembali ke tengah, dan geser ke kiri atas, kembali ke tengah. Kiri bawah, kembali ke tengah, kanan bawah, kembali ke tengah. 

4. Paha dan Betis
Bayi yang akan di pijat pada bagian paha dan betis di baringkan. Anda bisa memulainya dengan memegang kedua paha bayi dengan kedua tangan anda. Putar dari dalam ke luar sambil bergerak turun menuju betis. Kembali ke atas dengan gerakan sama. Ulangi pijatan pada betis dan paha ini sebanyak 8 kali.

5. Tangan
Pijat yang dilakukan pada bagian tangan bayi dilakukan dengan cara memijatnya dari pangkal lengan, lalu turun ke tangan. Setelah melakukan pijatan tersebut, anda kembali memijat mulai dari tangan. Pijat sedikit demi sedikit jari-jari bayi dan kembali pijat ke pangkal lengan.

6. Pijat Kaki
Pijat telapak kaki dari arah tumit ke jari kaki. Remas jari satu persatu. Pijat punggung kaki, dari mata kaki sampai ke jari kaki.

7. Wajah
Cara yang terakhir yaitu memijat wajah bayi. Memijat wajah bayi sangat banyak manfaatnya. Cara memulainya ialah pijatlah dari tengah bagian dahi dan alis menuju ke samping kiri. Kemudian dari tengah lagi menuju samping kanan.

Itulah cara pijat bayi yang benar. Anda bisa mempraktekkan tips sehat ini untuk si buah hati. Selamat mencoba